Kapolri Minta Korlantas Antisipasi Penggunaan Knalpot Brong Saat Kampanye Pilkada

NASIONAL, POLITIK157 Dibaca

JAKARTA, WARTATODAY.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mengantisipasi penggunaan knalpot brong saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Hal itu guna mencegah terjadinya potensi gesekan di lapisan masyarakat.

Kapolri mengatakan antisipasi itu harus dilakukan karena ada fenomena penggunaan knalpot brong pada Pemilu 2024 sehingga ada kecenderungan akan kembali muncul pada masa kampanye pilkada yang dimulai dari 25 September hingga 23 November 2024

Hal tersebut disampaikan Kapolri ketika memberikan sambutan dan arahan pada acara syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 bertajuk “Polantas Presisi Hadir menuju Indonesia Maju,” di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2024).

“Tolong diantisipasi jangan sampai kemudian memunculkan gesekan,” Jenderal Listyo

Selain mengantisipasi knalpot brong, Listyo jjuga meminta Korlantas mengantisipasi rute dan jadwal kampanye dengan melakukan pengaturan dan berkoordinasi bersama jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta intelijen.

“Bagaimana mengatur rute kampanye dari satu titik sampai dengan ke lokasi tempat kumpul dan kembalinya. Apalagi kalau dalam satu hari ada beberapa calon yang kampanye bersama-sama,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Kapolri juga mengapresiasi keberhasilan Korlantas dalam pengamanan acara besar nasional maupun internasional, salah satunya pengamanan kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta pada 3–6 September 2024.

“Alhamdulillah, semuanya bisa berjalan dengan lancar, dengan aman, dan kita semua juga mendapatkan apresiasi dari beliau (Paus Fransiskus) terkait penyelenggaraan dan mobilitas selama beliau di Indonesia,” ucapnya.

Menurut Jenderal Listyo, keberhasilan ini harus dipertahankan untuk kesuksesan pengamanan acara-acara berikutnya.

Korlantas Polri menggelar Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-69 dalam rangka hari ulang tahun korps tersebut dengan mengangkat tema “Polantas Presisi Hadir Menuju Indonesia Maju”.

Selain Kapolri, acara tersebut turut dihadiri pejabat kepolisian lainnya, yakni Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Pol. Agus Andrianto, Irwasum Polri Komjen Pol. Ahmad Dofiri, Ketua Harian Kompolnas Benny Jozua Mamoto, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, dan para pemangku kepentingan lainnya.- (Ant/jj)

 

Editor: J. Saragih    Sumber: Antara

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *