Pj Ketua Dekranasda Tebing Tinggi Optimis Kegiatan Kriyanusa Lestarikan Warisan Budaya

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.com – Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Kota Tebingtinggi juga menjabat sebagai Pj Ketua TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), Ny. Dara Caprina Moettaqien mengungkapkan rasa antusias dan optimis, kiranya melalui kegiatan Kriyanusa ini, dapat semakin menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Indonesia, terutama di provinsi Sumatera Utara dan kota Tebingtinggi, khususnya.

“Dengan menjaga dan melestarikan warisan budaya, masyarakat dapat mempertahankan identitas nasional yang kokoh di tengah arus globalisasi,” singkat Pj. Ketua Dekranasda Kota Tebingtinggi disela-sela kegiatan Kriyanusa Tahun 2024 di Hall B JCC Jakarta, yang dirilis Dinas Kominfo Tebingtinggi, Kamis (29/8/2024).

Acara pembukaan Kriyanusa tahun 2024, berlangsung, Rabu (28/8/2024) dibuka oleh Ketua Umum Dekranas yang juga Ibu Kerajinan Nasional, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin (Istri dari Wapres RI K.H. Ma’ruf Amin).

Dalam sambutannya, Wury Ma’ruf Amin menyampaikan, peranan penting generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia, melalui inovasi dan kreativitas mereka.

Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan yang diwariskan dari generasi, ungkap Wury Ma’ruf Amin, tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai dan identitas bangsa.

“Karena itu peran generasi muda sangat penting untuk melestarikan seni kerajinan kita. Generasi muda adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring perkembangan zaman,” ujar Wury Ma’ruf Amin.

Sebagai informasi, Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) kembali menggelar Kriyanusa 2024, sebuah pameran kerajinan berskala nasional. Mengusung tema “Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya”. Pameran ini akan menjadi panggung bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara.

Terdapat 420 stand kriya yang 30 persennya merupakan pengrajin muda dan 24 stand kuliner di pameran Kriyanusa kali ini. Pameran Kriyanusa 2024 juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung seperti talkshow, demo kerajinan kriya, fashion show, dan pertunjukan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia yang akan digelar di panggung megah berbentuk kapal.

Turut mendampingi Pj. Ketua Dekranasda Kota Tebingtinggi, Ketua DWP Unit Inspektorat Ny. Hj. Umi Kalsum, Ketua TP PKK Kecamatan Padang Hilir, Ny. Hj. Afyalda, Ketua DWP Unit Badan PKPD, Ny. Imelda Mardayanti, Ketua DWP Unit Diskominfo, Ny. Novita Arny, Ketua DWP Unit Disdikbud, Ny. Afrinaningsih, dan anggota DWP Unit Sekretariat, Ny. Maya Rahmayanti. (red)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *