Respons Keluhan Masyarakat, Polres Tebing Tinggi Jumat Curhat di Desa Juhar

Serdang Bedagai190 Dibaca

SERDANGBEDAGAI, WARTATODAY.com – Dalam merespons keluhan masyarakat, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas LJ Tampubolon, S.I.K, M.K.P diwakili Kanit Regident Sat Lantas Iptu Tahi Samosir, SH bersama Kanit Binpolmas Sat Binmas Ipda Rinal Khair bersama personel Polres Tebing Tinggi melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di Warung Ramses Sirait Dusun Sukadame Desa Juhar Kecamatan Bandar Khalipah Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (09/08/2024).

Hadir dalam kegiatan diantaranya, Kanit Bhabinkamtibmas Aiptu K Sihotang, Kanit Bintibsos Aiptu Lamhot Butar-butar, Aipda Tirta Hidayat dan Bhabinkamtibmas Aiptu Donal Panjaitan.

Mewakili Kapolres, Kanit Regident Sat Lantas Polres Tebing Tinggi Iptu T Samosir mengatakan maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk mendekatkan diri kepada warga masyarakat serta menerima segala aspirasi dan keluhan masyarakat dan memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat,

“Kami pihak kepolisian mengimbau dan mengajak para warga masyarakat agar kita bersinergi bersama – sama menjaga keamanan kamtibmas di lingkungan atau tempat kita tinggal masing masing agar aman dan baik. Kami juga mengimbau agar jangan main hakim sendiri apabila menemukan tindak kejahatan agar warga menyerahkan pelaku kejahatan tersebut kepada pihak Kepolisian, biarlah hukum yang menghukumnya, jangan menimbulkan tindak pidana yang baru yang dapat merugikan diri sendiri,” ungkapnya.

Mari kita cegah peredaran narkotika di lingkungan kita sendiri, hindari dan jauhilah narkoba tersebut, karena narkoba dapat membahayakan kesehatan dan juga dapat membunuh diri kita sendiri dan narkoba menjadi musuh kita bersama dan kami juga meminta kerjasamanya untuk bersama sama mengimbau anak-anak kita agar tidak melakukan aksi balapan liar, memasang knalpot brong dan melaksanakan aksi pawai, yang dapat membuat situasi kamtibmas diwilayah kita tidak nyaman dan baik serta menghimbau agar kita menjauhi minum-minuman keras dan perjudian.

“Kami mengharapkan kerjasama aparat desa untuk memberitahukan kepada warga agar menghindari perbuatan pencurian TBS atau brondolan sawit yang merupakan bukan hak miliknya karena desa ini merupakan lokasi atau daerahnya di tengah perkebunan sawit dan kami juga menghimbau kepada bapak/ibu agar jangan mudah tergiur dengan penipuan online yang berkedok undian ataupun hadiah karena modus tersebut lagi marak maraknya dan sudah banyak warga yang menjadi korban,” papar Iptu T Samosir.

Diakhir kegiatan Kanit Regident juga menginformasikan bahwa Polda Sumut telah meluncurkan Aplikasi Patroli UMKM, Super Apps Polri untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Apabila masyarakat mempunyai keluh segera disampaikan agar dapat melaksanakan apa yang diinginkan masyarakat sehingga kamtibmas semakin baik.

“Jika ada keluhan lain yang belum dapat disampaikan masyarakat dapat menghubungi petugas atau Bhabinkamtibmas kami di Polsek Bandar Khalipah atau Polres Tebing Tinggi yang dapat dihubungi melalui No Call Center 110 dan Wa Polres Tebing Tinggi 081260664044 Polres Tebing Tinggi, nanti pihak dari kami selaku personel Polres Tebing Tinggi akan segera menindak lanjuti dan merespons keluhan dari warga tersebut,” ujarnya.

Pada kesempatan itu warga masyarakat menanyakan mengapa pelaku pencurian yang nominal kerugiannya di bawah Rp.2.500.000 tidak diproses kepolisian dan tentang tata cara mengatasi supaya anak tidak bolos saat belajar di sekolah.

Menanggapi apa yang disampaikan, Kanit Regident menerangkan setiap ada permasalahan di masyarakat baik kerugian kecil atupun besar tetap menerima laporan pengaduan, namun bila seseorang melakukan pencurian buah sawit kerugian dibawah Rp. 2.500.000 tetap akan diproses perkaranya dan dilanjutkan ke pengadilan.

“Namun kami tidak akan melakukan penahanan pelaku tersebut karena sudah diatur oleh UU namun jika melakukan perbuatan kedua kali pelaku dapat di tahan berdasarkan hasil Incrach ( putusan ) dari pengadilan. Kemudian tentang anak sekolah, Bhabinkamtibmas akan berkoordinasi dengan Kapolsek Bandar Khalipah agar menyambangi SMPN 1 Bandar Khalipah dan berkoordinasi dengan pihak komite sekolah untuk saling bekerja sama memberikan bimbingan kepada murid-murid,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kadus Sukadame Ardiaman Situmorang, tokoh masyarakat G Siahaan, para tokoh agama dan warga sekitar.- (Red/jj)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *