Pj Wako Tebing Tinggi Dialog Dengan Warga dan Serahkan Bantuan Kepada Poktan

RAGAM, Tebing Tinggi179 Dibaca

TEBINGTINGGI, WARTATODAY.com – Penjabat Wali Kota Tebingtinggi, Moettaqien Hasrimi melakukan sharing (dialog) dengan masyarakat di Kelurahan Padang Merbau, sekaligus penyerahan bantuan kepada Kelompok Tani (Poktan) Ternak Deli Cemerlang dan Poktan Ternak Tani Unggul di Kelurahan Padang Merbau, Kecamatan Padang Hulu, Rabu (12/6/2024).

Terlihat turut mendampingi Penjabat Wali Kota, Kadis Ketapang dan Pertanian, Marimbun Marpaung, Kadis Kominfo, Dedi Parulian Siagian, dan Camat Padang Hulu, Deni Handika Siregar.

Dalam sharing, masyarakat maupun Poktan, meminta pembangunan jalan usaha tani dan jalan produksi, di Kelurahan Padang Merbau sebagai akses pengangkutan hasil produksi tanaman pangan, dan perkebunan sawit rakyat, produksi pertanian, peternakan, lainnya.

Selanjutnya permohonan normalisasi sungai sepanjang kurang lebih 2.000 meter, dengan mendatangkan alat berat 3 unit dari Dinas PU Kota, dan permohonan dukungan pemakaian alat berat dari UPTD PU Bina Marga provinsi Sumut.

Hal mengenai pemanfaatan sungai dan Daerah Aliran Sungai (DAS), clean and clear lahan didaerah aliran Sungai, Pj. Wali Kota mengatakan, hal itu akan dikoordinir oleh Camat dan jajarannya, agar disterilkan yang merupakan batas kewenangan sebagai sempadan sungai, yang akan dimanfaatkan sebagai hak pakai oleh Pemerintah Kota Tebingtinggi.

“Sebagai daerah objek wisata yang akan ditanami oleh aneka buah, seperti kelapa, pandan wangi, aneka buah buahan dan aktivitas pertanian dan perikanan yang dikelola oleh masyarakat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, dan upaya pengendalian inflasi serta mengoptimalkan lahan yang belum dikelola dengan baik,” ungkap Pj. Wali Kota.

Aspirasi lainnya, permohonan masyarakat kepada para areal perkebunan yang berbatasan wilayah Kota Tebingtinggi, agar dapat membantu masyarakat dalam mencukupi pakan hijauan ternak seperti pelepah sawit, bungkil sawit yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan konsentrat ternak yang dikelola oleh masyarakat, dan kelompok tani.

Lain itu, mayarakat dan Poktan juga memohonkan kepada pihak perkebunan dan pelaku usaha, agar dapat membantu para peternak dari hasil limbah olahan yang bisa menjadi bahan baku pakan ternak.

Serta aspirasi lainnya, masyarakat membutuhkan dukungan sarana prasarana peternakan berupa mesin chopper (Pencacah pakan hijauan ternak), pasteurisasi dan Milking untuk kelompok ternak penghasil susu.

Atas hal-hal tersebut, Pj. Wali Kota mengatakan akan segera mengakomodir dengan OPD maupun stakeholder terkait seraya meminta dukungan pemerintah provinsi Sumatera Utara, melalui OPD terkait.

“Hal mengenai kegiatan akbar gotong royong bersama masyarakat, unsur stake holder terkait, akan dilakukan setelah clean and clear lahan DAS Sungai, dan berkoordinasi dengan Balai wilayah sungai Sumatera 2 Provinsi Sumatera Utara,” terang Pj. Wali Kota.

Sebelumnya, dilaksanakan penyaluran bantuan Pemko Tebingtinggi untuk 2 Kelompok Tani, dari Pemerintah Provinsi Sumatera melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumut, sebanyak 40 ekor domba, yang mana masing-masing Poktan tersebut menerima 20 ekor domba.

“Pergunakan dan manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, karena tidak semua dapat bantuan dari provinsi. Saya harapkan kepada bapak, ibu beryukurlah ada bantuan ini,” ujar Pj. Wali Kota. (APA)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *