Ketua DPRD Toba Apresiasi Pesta Akbar Jubeleum 50 Tahun Monumen Raja Sonakmalela

RAGAM, Toba1,073 Dibaca

TOBA,WARTATODAY.COM – Pesta perayaan Jubeleum 50 Tahun Monumen Pusaka Padan ni Raja Sonakmalela meriah, dihadiri 5000 orang pomparan Raja Sonakmalela yang diadakan di lapangan Sisingamangaraja Balige (03/09/2023)

Sebelum melakukan perayaan Jubeleum terlebih dahulu keturunan Raja Sonakmalela mengadakan jiarah ke monumen , dan setelah itu baru berkumpul dilapangan Sisingamangraja untuk mengadakan perayaan pesta Jubeleum yang ke 50.

Raja Sonakmalela mempunyai 4 garis keturunan yaitu marga Simangunsong, Marpaung, Napitupulu dan Pardede yang berdomisili di daerah Toba dan sudah menyebar ke berbagai negara.

Pada kesempatan ini Ketua DPRD Kabupaten Toba Effendi Napitupulu memperkenalkan dirinya sebagai pomparan Sonakmalela. Dan beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan pesta Jubeleum yang ke 50 merupakan suatu moment untuk bersilahturahmi, bertemu dan bertatap muka untuk mengenal sesama keturunan Raja Sonakmalela.

“Hari ini adalah pesta emas untuk mengenang kembali sejarah dibuatnya monumen Pusaka Padan Raja Sonakmalela yang terletak di Binanga Baling Balige , ” ujarnya.

Sebagaimana diketahui monumen ini di bangun untuk mengenang padan Raja Sonakmalela dan Effendi Napitupulu mengatakan apa padan Raja Sonakmalela ,” Siborumuli manang anak mangoli di ulaon pesta, sisada lulu do anak dohot boru. Borunape dang boi martindian tona ni oppui padan i nai sai hot do,” tuturnya

Dan beliau juga berharap kegiatan tersebut dapat diterapkan secara rutin setiap tahun, sehingga keturunan Raja Sonakmalela tetap seia sekata sampai masa yang akan datang.

Turut hadir di perayaan tersebut Bupati Toba beserta jajaran dan Kapolres Toba AKBPTaufiq Hidayat Thayeb.(SJ)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *